Fakta Tentang Teknologi WiFi 6, Wajib Tau Sebelum Pasang

Posting Komentar
Fakta Tentang Teknologi WiFi 6
Fakta Tentang Teknologi WiFi 6 

Sobat sudah pernah dengar WiFI 6 sebelum nya? WiFI 6 adalah teknologi baru penerus dari teknlogi WiFI 4 dan 5 yang saat ini sering kita gunakan sehari-hari. Tentu saja di banding pendahulu nya WiFI 6 memiliki kelebihan-kelebihan dari sisi performa dan keandalan, misal nya kecepatan akses dan jangkauan signal yang lebih tinggi.


WiFI 6 di ketahui juga sebagai 802.11ax, WiFI 6 menggantikan standar dari WiFI 5 yang di kenal juga sebagai 802.11ac, pertama kali muncul pada tahun 2013 dan WiFI 4 yang di kenal 802.11n,  pertama muncul tahun 2009. 

Minggu kedua Maret 2020 ini beberapa operator telekomunikasi baik cable dan selular mengonfirmasi ada nya lonjakan tarffic internet imbas dari di berlakukan nya aturan pemerintah untuk menghentikan segala aktifitas demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. Imbas nya lagi koneksi internet juga terasa mulai melambat karena padat nya traffic terutama di malam hari.

Apakah sobat berfikir dengan menggunakan WiFI 6 dapat meningkan kan kecepatan akses internet di rumah? ya tentu saja bisa, namun terlalu dini untuk menikmati nya sekarang di indonesia. Karena saat ini di indonesia standar WiFI internet service provider yang di gunakan adalah WiFI 4 dan masih mengembangkan WiFI 5.

Simak beberapa fakta terkait WiFI 6 berikut ini.

Fakta-fakta terkait teknologi WiFI 6

1. kompatibilitas WiFI 6 Jarang
Saat ini perangkat yang support dengan WiFI 6 bisa di bilang sangat sedikit, untuk smartphone di ketahui dari laman resmi Apple samsung dan Xiaomi ada beberapa smartphone keluaran terbaru mereka yang sudah support WiFI 6, di antara nya Apple iphone 11 ke atas, samsung galaxy note Seri terbaru, Xiomi mi 10 dan mi 10 Pro.

2. Harga Perangkat Relatif Mahal
harga yang perlu di keluarkan untuk sebuah router WiFI 6 rata-rata adalah $500, tentu nya untuk pengguna rumahan harga semahal ini kurang efisien hanya untuk menikmati internet. Xiaomi pun mengeluarkan produk router WiFI 6 dengan harga yang lebih murah cek detail produk di website resmi xiaomi.

3. Koneksi ke Ratusan Device Sekaligus
Sebuah router WiFI 6 setidaknya bisa menghubungkan up-to 200 devices dalam satu jaringan di waktu yang bersamaan, selain smartphone dan laptop WiFI 6 support untuk perangkat IoT seperti CCTV, smart lock, Smart TV, dan lain lain.

4. Kecepatan dan Stabilitas berkali lipat
kecepatan akses internet WiFI 6 adalah 2.976 Mbps, artinya jika bandwith di rumah ataupun kantor sobat up-to 2.976 Mbps sobat bisa mendapatkan trhroughput yang mendekati angka tersebut. 

Di banding dengan stabilitas WiFI 5, koneksi WiFI 6 adalah empat kali lebih stabil dan dengan rata-rata kecepatan unggul 37%. memang penggunaan kabel akan lebih cepat berkali-kali lipat di bandingkan koneksi WiFI, akan tetapi untuk fungsionalitas dan utilitas penggunaan WiFI 6 akan sangat membantu mengurangi penggunaan kabel. 

5. Teknologi MU-MIMO
ada apa dengan teknologi WiFI dengan MU-MIMO? apa yang spesial?.. oke sebelum lebih jauh admin akan jelaskan terlebih dahulu. MU-MIMO adalah singkatan dari Multi User - Multi Input Multi output, sedangkan teknologi yang ada pada kebanyakan WiFI yang saat ini kita gunakan adalah SU-MIMO, atau Single User MIMO.

Artinya ketika menggunakan WiFI dengan SU-MIMO, router akan memperoses satu persatu request transfer dan receive data pada tiap perangkat yang terhubung, itulah kenapa semakin banyak gadet yang terhubung dengan WiFI pada umum nya akan menjadi lelet.

Dengan teknologi MU-MIMO router dapat memproses banyak request transfer data sekaligus untuk banyak perangkat yang terhubung ke WiFI, teknologi ini mendongkrak performa konektivitas empat kali lebih cepat walaupun banyak user yang terkoneksi dengan WiFI.

Demikian Artikel Fakta Tentang Teknologi WiFi 6, Sudah siap pasang?

Related Posts

Posting Komentar