Pentingnya belajar Cyber Security di era Digital

Posting Komentar
Pentingnya Belajar Cyber Security di era Digital - cripcips.net
Pentingnya belajar Cyber Security di era Digital

Bicara soal cyber security pasti sangat erat kaitan nya dengan Hacking dan Penetration Testing. Jika di tanya, apakah perlu belajar hacking? apa manfaat nya? Jawaban nya iya dan perlu, manfaat nya paling tidak kita dapat memastikan keamanan untuk diri sendiri. 

Yang di maksudkan dengan keamanan di sini adalah segala aktifitas kita di internet tidak di ganggu oleh orang atau program jahat yang mengancam keamanan.


Jika mendengar kata " HACKER" dan persepsi mu adalah seorang kriminal yang mencuri data dan uang seseorang, maka stereotip seperti itu tidak terlalu relevan, karena bukan hanya uang di bank yang menjadi target black hat hacker (hacker jahat), mereka juga mencuri data berharga dan privasi untuk kepentingan sendiri. 

Banyak orang belajar hacking untuk keamanan diri sendiri atau aset milik perusahaan. Terlepas dari itu memang hacker kriminal masih banyak berkeliaran di jaringan internet untuk kita waspadai.

Kita harus tau bagai mana wifi di rumah perlu di amankan agar tidak di bobol oleh orang tak bertanggung jawab.

Kita perlu mengetahui bagai mana agar akun sosial media kita selalu aman (walaupun tingkat keamanan dari situs/aplikasi sosial media sudah memadai) 

Kita wajib tahu cara agar privasi kita tak di perjual belikan, dan yang paling penting kita harus tau agar tidak terjebak dengan website Phising yang meminta  nomor kartu kredit saat berbelanja Online.

Itu tadi alasan pribadi saya tentang Mengapa Penting Melek Cyber security, mungkin setiap orang punya prinsip tersendiri untuk belajar hacking. 

Tapi bagi saya tujuan utama untuk belajar hacking adalah membuat diri sendiri dan orang-orang yang di cintai merasa aman ketika ber aktivitas di gadget yang seakan sudah jadi bagian teak terpisahkan dalan kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu kita tahu apa tindakan yang harus di ambil untuk menghindari atau melakukan sesuatu agar tidak salah langkah.

Dewasa ini hacking atau dalam bahasa indonesia berarti Peretasan, sudah bukan hal anyar lagi dan sudah sering terdengar oleh kita di era teknologi informasi saat ini, sudah banyak juga media, baik yang konvensinal maupun online  memberitakan kasus - kasus terkait dengan kejahatan cyber. 

Bagai mana kejahatan cyber bisa terjadi? padahal  sepuluh tahun yang lalu hal serupa malah tidak pernah muncul pemberitaan nya ke permukaan. hal ini di akibatkan  oleh  teknologi informasi sudah mulai merata di semua lapisan masyarakat membuat kejahatan cyber kian meningkat.

Kita tidak bisa lagi acuh-tak acuh dengan keamanan diri sendiri, karna hampir semua aspek di kehidupan modern ini berhubungan dengan internet. langkah mudah untuk mengamankan diri bisa di mulai dengan memastikan password akun sosial media anda cukup sulit untuk di retas.

contoh:

menggunakan tanggal lahir : 23041995 = Lemah

menggunakan huruf saja     : telenovella = Lemah
menggunakan kombinasi angka huruf dan karakter unik : T3l3n0~%vel4% = Kuat
Survey tingkat kelemahan password di Carneige Mellon University
Melihat fenomena dari gambar di atas, saya meyakini masih banyak orang yang tidak tahu atau acuh dengan ancaman-ancaman yang mengintai saat ber internet ria, termasuk Keluarga kita. 

Dengan mengetahui apa saja hal yang harus di perhatikan agar selalu aman dari ancaman kejahatan internet, kita bisa mengajarkan anggota keluarga kita agar lebih berhati-hati menggunakan internet.

Belajar dan memahami hacking tidak lah sulit, kembali lagi pada diri anda sendiri. Anda hanya perlu mengikuti  kursus yang sudah terstruktur materi nya di Udemy, atau versi bahasa indonesia di online learning center lokal.


Namun perlu di ketahui kursus online tersebut ada yang gratis dan berbayar, maka carilah situs yang mengajarkan dasar cyber security secara gratis. Belajar secara otodidak dengan jutaan sumber yang bertebaran di internet kurang di sarankan karena tidak terarah dan membuat cepat bosan.

Memulai belajar pun tidak perlu harus berlatar belakang ilmu komputer, menurut saya pribadi paling tidak jika anda mengerti cara kerja komputer pada umum nya maka anda dapat memulai belajar dasar cyber security. 

Demikian artikel Pentingnya Belajar Cyber Security di era Digital, semoga bermanfaat, terimakasih.



Related Posts

Posting Komentar