Definisi dan Pengertian Flowchat dengan Table

Posting Komentar
Hai sobat apa kabar, kali ini saya memposting Definisi dan tabel flowchart, kusus untuk sobat yang kuliah jurusan Ilmu komputer dan mengambil mata kuliah Algoritma dan pemrograman.

Jika Sobat berminat mendalami dunia pemrograman, maka wajib mengerti dan memahami flowchart karena nantinya sobat harus memahami secara detail tenatng algoritma dari sebuah program.

Apabila tidak memahami flowchart, akan sangat sulit bagi sobat dalam pembuatan kode program, karena kesulitan mendefisinsikan alur dari program yang akan di bangun nanti nya seperti apa.

Flowchart adalah rancangan bangun awal dari sebuah program yang akan di terapkan dalam bahasa pemrograman,Atau untuk mempermudah kegiatan pemrograman dengan membuat bagan-bagan gambar yang merupakan instruksi secara bertahap.

Definisi Flowchart
Secara Umum flowchart merupakan suatu bagan gambaran dengan simbol untuk mendeskripsikan sebuah proses satu dan lain nya yang membentuk sebuah keterkaitan pada suatu rancangan program

Fungsi Flowchart pada Umum nya
Flowchart adalah Suatu bagan yang berisi seluruh tahapan/rangkaian kegiatan dalam suatu pekerjaan.
Flowchart dapat dipergunakan untuk memperinci tahap-tahap rangkaian dan suatu proses pekerjaan.
Juga dapat dipergunakan untuk menjabarkan suatu proses pekerjaan ke dalam tahap-tahap rangkaian yang lebih spesifik untuk pemeriksaan selanjutnya.

Untuk lebih jelas tentang simbol-simbol flowchart simak Tabel flowchart berikut ini.

tabel flowchart
Contoh kasus Flowchart

Pada contoh di bawah ini merupakan suatu proses sedarahan dari alur kerja sebuah rancangan program. sebuah flowchart selalu di awali dengan Start di lanjutkan dengan input di lalu proses kemudian output, terahir adalah end dan merupakan ahir dari suatu siklus program. namun biasanya di tarik garis kembali menuju ke start setelah end.

Pada Flowchart di sebelah kanan, alur kerja dari rancangan prgram sedikit lebih kompleks dengan ada nya percabangan sebelum output di keluarkan, Percabangan ini nantinya akan menjadi fungsi IF, else, IF else ataupun bisa jadi fungsi percabangan dan kondisional lain nya pada struktur kode yang di buat.

Sebagai Seorang prgrammer, sobat harus tahu betul di nama akan meletakan kondisi-kondisi percabangan tersebut. karena nantinya akan sangat membantu team dalam membangun sebuah program.

contoh sederhana flowchart


Demikian penjelasan singkat tentang Definisi dan Pengertian Flowchat dengan Table, semoga bermanfaat, Terimakasih

Related Posts

Posting Komentar