Cara kerja dan Mekanisme Robot Line Tracer Sederhana

Posting Komentar
Cara kerja dan Mekanisme Robot Linetracer Sederhana
Cara kerja dan Mekanisme Robot Linetracer Sederhana

Line tracer adalah robot sederhana yang mekanisme nya menggunakan dua buah motor yang di integrasikan dengan IC yang berfungsi sebagai prosesor pembaca garis hitam yang di lewati oleh sensor.

Pada saat sobat mengambil matakuliah perancangan rangkaian elektronika biasanya akan di ajarkan cara membuat sebuah robot line tracer sederhana untuk memahami cara kerja rangkaian listrik dan ciscuit board.

Berikut ini adalah bagian-bagian dan komponen dari sebuah line tracer. Pada hakekat nya line tracer dapat di analogikan dengan perilaku mahluk hidup. Sensor adalah sebagai mata yang melihat jalan prosesor adalah otak yang mengendaliakn anggota gerak tubuh ,dan motor adalah alat gerak utama dari line tracer.
                                                                              

1. Sensor line tracer


Sensor merupakan suatu komponen yang berfungsi sebagai pembaca garis yang kemudian di integrasikan dengan ic yang berfungsi mengontrol motor yang akan di gerakkan.

Unit Sensor pada line tracer sederhana biasanya diletakan di bagian depan, jumlah nya paling tidak ada sepasang untuk membaca garis hitam dan agar tidak bergerak melewati garis, semakin banyak sensor semakin baik gerak robot line tracer.

Sensor pada line tracer sederhana terdiri dai LED dan photo dioda. led berfunsi untuk memancarkan cahaya (transmitter) sedangkan photo dioda berfungsi sebagai penerima cahaya (receiver). 





LED dan Photo Dioda

Rangkaian Sensor line tracer

2. Processor line tracer


Untuk membuat line tracer sederhan cukup menggunakan integrated circuit saja, prosessor IC ini tediri dari IC 239D dan IC 324. Fungsi prosesor adalah meneruskan isyarat cahaya dari sensor kemudian membandingkan motor mana yang akan di gerakkan bila sensor berada di garis hitam.

                       IC 239D dan IC 324                   
Kedudukan dan rangkaian sirkit IC

                                                                                 
3. Motor line tracer

Motor adalah komponen mekanisme utama yang menggeralkan line tracer berdasarkan pembacaan dari sensor, berikut ini adalah cara kerja mekanisme motor pada line tracer:



LURUS

                               

                                                                             
BELOK KANAN


BELOK KIRI





                                                                              
Demikian lah sedikit informasi tentang Line tracer sederhana, semoga bermanfaat, terimakasih.
                                                                                




Lebih baru Terlama

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar